• December 3, 2021

Mendagri Terbitkan Dua Instruksi Perpanjangan PPKM

 Mendagri Terbitkan Dua Instruksi Perpanjangan PPKM

Jakarta – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) M.Tito Karnavian, akan menerbitkan dua Instruksi Mendagri (Inmendagri) tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), hal tersebut ia sampaikan di Jakarta, pada Selasa (19/10).

Menurut Direktur Jenderal Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Safrizal ZA, juga menyebutkan dua Inmendagri itu yakni, Inmendagri 53/2021 dan Inmendagri 54/2021.

“Hal ini tertulis di Inmendagri 53/2021. Untuk menindaklanjuti arahan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi), yang telah mengintruksikan agar melaksanakan PPKM Level 3, 2 dan 1 yang di tujukan di wilayah Jawa dan Bali,” ujar Safrizal ZA, Selasa (19/10/2021).

Tidak hanya itu, Inmendagri 53/2021 tentang PPKM level 3, 2 dan 1 di wilayah Jawa dan Bali, juga merupakan instruksi dari Presiden RI langsung, dan Inmendagri ini mulai berlaku sejak 19 Oktober 2021 sampai 1 November 2021.

Kemudian, Safrizal ZA menjelaskan bahwa Inmendagri 54/2021 merupakan instruksi tentang pemberlakuan PPKM level 3, 2 dan level 1yang ditujukan di wilayah Sumatera, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan Papua.

Sementara itu, menurut Safrizal ZA, Inmendagri tersebut juga mulai berlaku sejak 19 Oktober 2021, dan juga akan berakhir sedikit lebih lama dari pada dibandingkan Inmendagri untuk Jawa dan Bali, yakni sampai dengan 8 November 2021.

Namun InmInmendagri untuk Jawa dan Bali, yakni sampai dengan 8 November 2021, Mendagri akan berakhir sedikit lebih lama dibandingkan Inmendagri untuk Jawa dan Bali, yakni sampai dengan 8 November 2021.

“Inmendagri 54/2021 berakhir sedikit lebih Lama dibandingkan dengan inmendagri untuk Jawa dan Bali,” ujar Safrizal ZA.

Menurut Safrizal ZA, penetapan level di wilayah pada instruksi tersebut juga ikut berpedoman pada indikator dengan menyesuaikan upaya dari kesehatan masyarakat.

Selain itu, Safrizal juga menambahkan tidak hanya upaya untuk menyesuaikan kesehatan masyarakat saja akan tetapi, ada pembatasan sosial dalam upaya penanggulangan pandemi Covid-19 yang ditetapkan oleh Menteri Kesehatan.

Tidak hanya itu, pada kesempatan tersebut Safrizal ZA, juga melakukan upaya dari penetapan itu juga yang telah ditambahkan melalui indikator capaian total vaksinasi dosis 1 dan vaksinasi dosis 1.

Yakni yang dimana hal tersebut terlihat pada level PPKM Kabupaten/Kota yang dinaikkan 1 level apabila capaian total vaksinasi dosis 1 kurang dari 40 persen.

“Sebelumnya, pemerintah juga terlihat sedang memperpanjang kembali PPKM berbasis level di Jawa-Bali hingga dua pekan ke depan yaitu 19 Oktober – 1 November 2021,” tutup Safrizal ZA.(Indra)

Share via :

Related post