Melaksanakan Komsos Serka Harianto Hadiri Acara Do’a Bersama Di Masjid Hidayatul Muttaqin.

Foto : Kegiatan Doa Bersama

Lingga Update ,- Babinsa Koramil 05 Daik Kodim 0315/Tanjung pinang melaksanakan kegiatan Komsos dengan menghadiri kegiatan Do’a bersama di Masjid Hidayatul Muttaqin Desa Pekaka , Kecamatan lingga timur Kabupaten lingga ,pada Jum’at (23/09/2022)

Kegiatan Do’a bersama di bulan Safar ini memang sudah sering dilakukan masyarakat kabupaten lingga pada umumnya yang, tradisi ini merupakan warisan sejak zaman Sultan Riau Lingga, Sultan Abdulrahman Muazamsyah, pada tahun 1883-1911. hingga sekarang masih melekat dan di lestari oleh Masyarakat khususnya Desa Pekaka,

Tidak hanya melakukan Do’a bersama , setelah itu masyarakat juga melakukan Mandi bersama di di sungai.

Serka Harianto mengatakan ,” Menurut penyampaian para sesepuh dan orang tua di Desa Pekaka Ini , Mandi Safar dan Do”a bersama memiliki makna sosial terutama terjalinnya hubungan silaturahmi antar keluarga dan masyarakat yang ditandai dengan kekompakan dan kebersamaan,” ujarnya.

“Selain menjalin hubungan silaturahmi, makna lain yang diambil dari pagelaran Mandi Safar adalah sebagai sarana untuk introspeksi diri. Baik secara lahiriah maupun secara batin dan mengharapkan rida dari Allah SWT. Dan untuk melestarikan budaya lama yang sudah ada di daerah ini sejak ratusan tahun yang lalu.” Tambahnya. (Awl).

Previous articleNaiknya Harga BBM , Babinsa Koramil 05 Daik Melakukan Rapat Bersama Pemerintah Desa.
Next articleRatusan warga melihat Tim Sepak Bolla APDESI terus melaju di putaran Ke Tiga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here