• September 28, 2021

Kominfo Batam Ingatkan Waspada Terhadap Situs Web yang Mirip Peduli Lindungi

 Kominfo Batam Ingatkan Waspada Terhadap Situs Web yang Mirip Peduli Lindungi

Kota Batam – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Batam, Azril Apriansyah, mengingatkan kepada masyarakat Batam untuk waspada dengan situs web yang mirip Peduli Lindungi, di Kota Batam.

Sementara itu, Azril juga menjelaskan dari situs web palsu tersebut yang telah mengatasnamakan pemerintah. Yakni pasalnya, situs palsu Peduli lindungi tersebut juga menduplikasi situs web yang resmi.

“Kita juga sudah dapat pernyataan dari kemkominfo bahwa situs peduli lindungia.com adalah situs palsu dan bukan situs yang resmi digunakan oleh Pemerintah yakni untuk melakukan penanganan Covid-19,” ujar Azril Apriansyah, Jum’at (10/09/2021).

Tak hanya itu, seluruh isi dan informasi dalam situs pedulilindungia.com tidak terkait dengan situs PeduliLindungi.id dan tidak berhubungan dengan upaya Pemerintah melakukan penanganan Covid-19 dalam bentuk apapun.

Kemudian, untuk menghindari hal buruk ke depannya, pemerintah juga sudah memutus akses terhadap situs yang menggunakan menggunakan atribut logo, gambar, dan tampilan menyerupai situs pedulilindungi.id tersebut.

“Untuk situs web resmi dari pemerintah hanya pedulilindungi.id yang bisa diunduh di App Store dan Google Play Store,” ujar Azril Apriansyah.

Selain itu, Azril juga mengimbau kepada masyarakat agar selalu waspada terhadap segala disinformasi terkait situs dan aplikasi palsu yakni yang mengatasnamakan PeduliLindungi dalam bentuk apapun.

Adapun di Jakarta, yakni Juru Bicara Kemkominfo, Dedy Permadi, juga mengungkapkan bahwa dari indikasi yang terkait adanya tindakan yang melanggar hukum tersebut.

Dikarenakan dalam situs web pedulindungia.com menggunakan atribut logo, gambar, dan tampilan menyerupai situs pedulilindungi.id. Alasan ini yang membuat Kominfo menindak tegas situs tersebut.

Sementara itu, situs web yang diputus aksesnya oleh Kominfo itu tidak mempunyai kaitan langsung terhadap situs web https://pedulilindungi.id yang diinisiasi oleh Kominfo.

“Tidak berhubungan dengan upaya Pemerintah melakukan penanganan Covid-19 dalam bentuk apapun,” ujar Dedy Permadi, Jum’at.

Hal itu, guna untuk diketahui, yaitu pemerintah menggunakan Aplikasi Pedulilindungi untuk melakukan upaya surveilans kesehatan sesuai Keputusan Menteri Kominfo Nomor 171 Tahun 2020.

“Tentang Penetapan Aplikasi dari situs Pedulilindungi yakni dalam rangka pelaksanaan surveilans kesehatan dalam penanganan Covid-19 beserta perubahannya,” tutup Dedy Permadi.(Indra)

Share via :

Related post