• September 27, 2021

Demi Kebutuhan Perlindungan Karyawan, Allianz Tawarkan Asuransi Kesehatan Kumpulan

 Demi Kebutuhan Perlindungan Karyawan, Allianz Tawarkan Asuransi Kesehatan Kumpulan

Jakarta – Pandemi yang melanda Indonesia hingga saat ini membawa berbagai perubahan di seluruh aspek kehidupan yakni termasuk bagi para karyawan di seluruh Indonesia, dalam meningkatnya kebutuhan perlindungan bagi karyawan di masa pandemi, Allianz tawarkan asuransi kesehatan kumpulan, di Jakarta.

Sementara itu, menurut Akhmad Akbar Sukamto, Ekonom Center of Reform on Economics (CORE), yakni dalam tingkat pengangguran terbuka (TPT) pada bulan Agustus 2021 akan naik ke kisaran 7,15 persen – 7,35 persen.

“Hal ini menandakan persaingan dalam mencari pekerjaan yakni akan menjadi semakin sulit, semua makin disadarkan akan pentingnya kesehatan, terlebih saat Indonesia dilanda gelombang kedua penyebaran virus Covid-19 pada Juni-Juli 2021 silam,” ujar Akhmad Akbar, Senin (13/09/2021).

Tak hanya itu, Hal ini turut mendorong karyawan untuk mengedepankan kebutuhan perlindungan bagi diri dan keluarga atas tunjangan yang akan ditawarkan oleh perusahaan tempatnya bekerja.

Selain itu, untuk menyoroti hal tersebut, Allianz Life Indonesia juga ikut dalam menyelenggarakan Webinar Media yakni yang bertajuk Pahami Pentingnya Perlindungan bagi Karyawan di Tengah Pandemi.

Adapun yang ikut hadir dalam kegiatan tersebut yakni Nicolaus Satya Bharata, Head of Employee Benefits Allianz Life Indonesia, Sukarno, Head of Health Product Marketing and Service Development Allianz Life Indonesia.

Lanjutnya, Samuel Ray, HR Professional & Content Creator, sebagai pembicara yang berbagi mengenai meningkatnya kebutuhan perlindungan bagi karyawan di masa pandemi.

Tak hanya itu, di balik sulitnya mencari pekerjaan selama masa pandemi ini, karyawan juga tetap perlu untuk mempertimbangkan faktor-faktor penunjang yang ditawarkan perusahaan sebelum menerima pekerjaan.

“Kita juga menawarkan tunjangan seperti jatah cuti, kebijakan bekerja dari rumah (work from home), serta fasilitas asuransi yang ditawarkan perusahaan,” ujar Akhmad Akbar.

Adapun Samuel Ray, HR Professional & Content Creator, menyampaikan bahwa disrupsi yang disebabkan oleh pandemi Covid-19, hal ini juga turut mendorong perusahaan-perusahaan di seluruh dunia.

Sementara itu, untuk melakukan perubahan termasuk dalam hal pengelolaan sumber daya manusia yang akan berujung pada keberhasilan perusahaan. Pandemi juga mendorong karyawan untuk mencari keseimbangan dalam bekerja demi mencapai well-being yang baik.

“Perusahaan perlu menyesuaikan strategi untuk menjaga talenta terbaik salah satunya dengan menawarkan tunjangan di luar hak dasar seperti jam kerja yang fleksibel sampai asuransi kesehatan untuk karyawan dan keluarga,” ujar Samuel, Senin.

Lanjutnya, pada praktiknya, yakni akibat terdampak Pandemi Covid-19, banyak perusahaan yang juga belum bisa untuk memprioritaskan kebutuhan bagi perlindungan kesehatan karyawannya yang pada akhirnya berdampak ke produktivitas & kinerja perusahaan itu sendiri.

Tak hanya itu, akan terjadi berbagai risiko yang mungkin menimpa karyawan dan mempengaruhi produktivitas sebenarnya dapat diminimalisir dengan adanya solusi proteksi kesehatan melalui asuransi kesehatan kumpulan.

Sementara itu, Nicolaus Satya Bharata, Head of Employee Benefits, Allianz Life Indonesia mengatakan, bahwa saat ini selain melihat tren biaya kesehatan yang meningkat, penting bagi setiap pekerja untuk juga mendapatkan rasa aman dan nyaman bagi diri sendiri dan keluarga.

“Melalui fasilitas asuransi kesehatan kumpulan yang Allianz sediakan, menjadi pengingat kita bersama bahwa kesejahteraan segenap karyawan merupakan aset paling berharga bagi diri sendiri, keluarga dan perusahaan,” ujar Nicolaus, Senin.

Dalam beragam solusi perlindungan telah Allianz sediakan melalui program Employee Benefit yang terdiri dari berbagai produk kesehatan kumpulan yang dapat memberikan berbagai manfaat seperti rawat inap, rawat jalan, rawat gigi, serta perawatan kehamilan dan persalinan.

Lanjutnya, tidak hanya memberi manfaat perawatan kesehatan apabila karyawan atau keluarganya jatuh sakit, tetapi juga manfaat mulai dari pemeliharaan, pencegahan serta perawatan kesehatan mereka.

Tak hanya itu, Layanan asuransi kesehatan kumpulan dari Allianz pun menawarkan nilai tambah lainnya seperti proteksi yang tailor-made yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan dan karyawan, opsi cashless atau reimburse, medical hotline 24 jam, serta layanan klaim online melalui eAZy connect.

Adapun Sukarno, Head of Health Product Marketing and Service Development, mangatakan bahwa dari data klaim Allianz Indonesia hingga Agustus 2021, rata-rata biaya perawatan Covid-19 menunjukkan angka yang cukup tinggi.

” Hal ini dapat dijadikan dasar mengapa perusahaan perlu memperhatikan cakupan perlindungan asuransi kesehatan bagi karyawan untuk menjamin loyalitas dan kesejahteraan karyawan yang akan berujung pada produktivitas dan pertumbuhan perusahaan,” ujar Sukarno

Lebih lanjut, Sukarno memberikan tips bagi perusahaan untuk memilih asuransi kesehatan kumpulan yang tepat bagi karyawan dengan memperhatikan 4 aspek.

Yakni terkait mengenai kebutuhan proteksi, alokasi anggaran, layanan yang dibutuhkan, serta memilih perusahaan asuransi yang kuat dan memiliki layanan terbaik.

Adapun Samuel Ray, HR Professional & Content Creator pada acara webinar yang diselenggarakan Allianz Indonesia memaparkan strategi dan cara bagi perusahaan.

Hal ini bertujuan untuk menjaga loyalitas dan produktivitas karyawan yakni melalui berbagai program kesejahteraan salah satunya dengan asuransi kesehatan kumpulan.

Selain itu, Sukarno, Head of Health Product Marketing and Service Development Allianz Life Indonesia menjelaskan mengenai ragam produk serta nilai tambah asuransi kesehatan kumpulan yang ditawarkan Allianz.

Hal ini untuk dapat memberikan peace of mind dalam menghadapi risiko bagi karyawan dan juga perusahaan di tengah masa pandemi, karyawan merupakan aset penting bagi setiap perusahaan.

Sehingga kebutuhan perlindungan kesehatan karyawan yang tepat akan turut mempengaruhi kinerja dan produktivitas perusahaan.

Sementara itu, Allianz Life Indonesia menyelenggarakan webinar bertajuk Pahami Pentingnya Perlindungan bagi Karyawan di Tengah Pandemi.

Hal ini demi untuk membahas terkait kebutuhan perlindungan bagi karyawan di tengah pandemi sebagai bentuk etika bisnis dan kepedulian perusahaan terhadap kesejahteraan karyawan.

Sedangkan Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Pada tahun 1989, Allianz mendirikan PT Asuransi Allianz Utama Indonesia, perusahaan asuransi umum.

Kemudian, Allianz memasuki bisnis asuransi jiwa, kesehatan dan dana pensiun dengan mendirikan PT Asuransi Allianz Life Indonesia di tahun 1996.

Hal ini terlihat pada tahun 2006, Allianz Utama dan Allianz Life memulai bisnis asuransi syariah. Kini Allianz Indonesia didukung lebih dari 1.300 karyawan.

Lanjutnya, lebih dari 34.000 tenaga pemasar dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya.

Saat ini, Allianz menjadi salah satu asuransi terkemuka di Indonesia yang dipercaya untuk melindungi lebih dari 8,3 juta tertanggung.

Asia adalah salah satu wilayah pertumbuhan inti untuk Allianz, yang ditandai dengan keragaman budaya, bahasa dan adat istiadat. Allianz telah hadir di Asia sejak 1910, menyediakan asuransi kebakaran dan maritim di kota-kota pesisir Tiongkok.

Saat ini, Allianz aktif di 16 pasar di wilayah tersebut, menawarkan beragam asuransi dengan bisnis inti pada asuransi kerugian, asuransi jiwa, perlindungan dan solusi kesehatan, dan manajemen aset.

Dengan lebih dari 36.000 staf, Allianz melayani kebutuhan lebih dari 22 juta Nasabah di wilayah ini melalui berbagai saluran distribusi dan platform digital.

Allianz Group adalah perusahaan asuransi dan manejemen aset terkemuka di dunia dengan 100 juta Nasabah individu dan perusahaan di lebih dari 70 negara.

Nasabah Allianz mendapatkan manfaat dari berbagai layanan asuransi individu dan kumpulan, mulai dari asuransi properti, jiwa dan kesehatan, sampai layanan bantuan asuransi kredit dan asuransi bisnis secara global.

Allianz adalah salah satu investor terbesar di dunia, dengan dana kelolaan Nasabah asuransi lebih dari 790 miliar Euro. Sementara manajer aset kami, PIMCO dan Allianz Global Investors mengelola aset tambahan sebesar 1,7 triliun Euro milik pihak ketiga.

Berkat integrasi sistematik ekologis dan kriteria sosial pada proses bisnis dan keputusan investasi. Allianz memegang posisi terdepan untuk perusahaan asuransi dalam Dow Jones Sustainable Index.

“Pada tahun 2020, Allianz Group memiliki lebih dari 150.000 karyawan dan meraih total pendapatan 140 miliar Euro serta laba operasional sebesar 10,8 miliar Euro,” tutup Sukarno.(Indra)

Share via :

Related post